Search

Workshop Kertabumi Klinik Sampah dan Pengungsi Anak UNHCR dan Save the Children

Updated: Mar 28, 2019



Jakarta – Sampah merupakan masalah global yang wajib diperhatikan, begitu pula para pengungsi asing (refugee) yang datang ke Indonesia, kesejahteraan mereka pun wajib diperhatikan. Demi mewujudkan komunitas pengungsi anak yang mandiri dan memiliki kemampuan lebih, Kertabumi Klinik Sampah bekerjasama dengan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) dan Save the Children yang menjadi wadah perlindungan pengungsi di Indonesia, mengadakan pelatihan daur ulang bagi para pengungsi anak.


Pada Sabtu (23/3), Kertabumi Klinik Sampah mengunjungi children’s home (rumah penampungan para pengungsi anak) yang terletak di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. Dengan antusias, sekitar 20 pengungsi anak yang berasal dari Afghanistan, Yaman, dan Somalia mengikuti edukasi mengenai bahaya sampah bagi lingkungan dan pelatihan daur ulang menganyam tikar yang dibuat dari sampah bungkus kopi.


Kegiatan pelatihan daur ulang menganyam dari sampah bungkus kopi dipilih karena sampah jenis ini merupakan salah satu jenis sampah yang paling mudah didapat di lingkungan perumahan. Anak-anak tersebut dapat mengumpulkan sampah bungkus kopi dari warung-warung yang berada di sekitar mereka. Lebih jauh lagi, kegiatan ini kami jadikan sebagai pilot project untuk program giving back Kertabumi Klinik Sampah. Kami ingin program ini menjadi program berkelanjutan, sehingga anak-anak tersebut dapat memiliki kemampuan daur ulang yang mumpuni dan dapat berdaya dengan memanfaatkan sampah yang didaur ulang menjadi barang yang bernilai ekonomis yang dapat mereka jual serta membuat rumah penampungan pengungsi ini menjadi rumah penampungan pengungsi bebas sampah atau zero waste pertama di Jakarta.



8 views

Recent Posts

See All

Beras VS Sagu VS Sorgum

“Ah, belum makan, kalau belum makan nasi.” Mungkin ini kata-kata yang sudah tidak asing ditelinga kebanyakan masyarakat Indonesia. Walaupun sebelumnya sudah memakanan makanan yang termasuk kategori ka

Jakarta, Indonesia

© 2020 by Kertabumi Recycling Center