Search

Penanaman Mangrove di Desa Lontar, Banten Dengan PLN Batubara

Updated: Feb 2


JAKARTA (19/01/22). Kertabumi Recycling Center telah melakukan penanaman Mangrove di Kawasan Konservasi Ekowisata Mangrove di Desa Lontar, Serang, Banten pada tanggal 30 Desember 2021 sebanyak 600 pohon sebagai bagian dari program CSR PT PLN Batubara. Kegiatan ini juga melibatkan komunitas lokal seperti Kemangteer Serang dan Karang Taruna. Pelibatan komunitas lokal sangatlah penting demi menjaga keberlangsungan kelestarian pohon mangrove.


Penanaman pohon mangrove adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi potensi abrasi pada daerah pesisir pantai. Hutan mangrove juga berfungsi sebagai instrumen mitigasi perubahan iklim yang mampu menyerap dan menyimpan karbon lebih banyak dari pada hutan hujan tropis. Dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya hutan mangrove maka akan semakin tinggi tingkat pelestarian alam yang bisa dilakukan.


Kegiatan rehabilitasi mangrove ini juga dihadiri oleh pihak BUMN yaitu PLN Batubara dan PLTU Banten 3 Lontar yang turut mengikuri seluruh kegiatan penanaman mangrove.


Program ini bertujuan untuk memberikan manfaat penyerapan karbon bagi warga sekitar hutan mangrove dan dapat membantu mengurangi pemanasan global. Lokasi Desa Lontar dipilih karena kawasan nya sangat strategis dan lokasi nya juga sangat berdekatan dengan PLTU Banten 3 Lontar, selain itu PLTU Banten 3 Lontar juga sebagai salah satu yang di pasok Batubara oleh PT PLN Batubara.


Bibit Mangrove yang digunakan sendiri adalah bibit yang ditanam dari Propagul (biji Mangrove) dari jenis Rhizophora yang memiliki usia 4 bulan dari semenjak proses persemaian. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menginspirasi banyak orang untuk mengadopsi mangrove. Restorasi mangrove ini juga merupakan bentuk dari CSR Lingkungan yang diinisiasi oleh PLN Batubara

29 views0 comments