Search

Kolaborasi Kertabumi Klinik Sampah & Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Daerah


Siswa-siswa dari berbagai sekolah menengah di Jakarta mengikuti kegiatan workshop dengan tema “Literasi Cinta Bumi”

Jakarta – Kertabumi Klinik Sampah dan Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Daerah Jakarta Selatan berkolaborasi mengadakan workshop daur ulang sampah (upcycle dan recycle) yang rutin diadakan setiap bulan. Dalam rangka peringatan Hari Bumi pada 22 April, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Daerah Jakarta Selatan menggelar workshop bertema “Literasi Cinta Bumi”. Kegiatan yang diadakan pada Kamis, 11 April 2019 di Gedung Perpustakaan Umum Jakarta Selatan ini diikuti oleh sekitar 70 siswa-siswi dari SMP 11 Jakarta, SMP 12 Jakarta, SMP 13 Jakarta, SMP 19 Jakarta, dan SMK 32 Jakarta dan peserta umum.


Para peserta dibagi menjadi 2 kelompok besar untuk mengikuti 2 workshop berbeda. Kertabumi Klinik Sampah berkesempatan untuk membagikan ilmu dalam mendaur ulang sampah kantong plastik menjadi tas serut unik. Berbeda dari berbagai workshop yang telah dilakukan sebelumnya, pada acara tersebut, Kertabumi Klinik Sampah mengenalkan metode pembuatan tas tanpa menggunakan metode menjahit, melainkan menggunakan metode pengeleman menggunakan mesin sealer. Para peserta dengan antusias menuangkan kreatifitasnya dengan memadukan kantong plastik berbagai warna dan mendekorasi tas serutnya agar terlihat lebih menarik.


Pada workshop tersebut, para peserta tak hanya diajarkan cara pengolahan sampah melalui daur ulang, tetapi juga dibrikan pengetahuan mengenai bahaya sampah plastik bagi lingkungan. Para peserta juga didorong untuk membawa plastiknya sendiri untuk didaur ulang dan kedepannya dapat mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.


Para siswa-siswi dan pendampingnya amat antusias mengikuti kegiatan ini. Bahkan ada pendamping yang akan mengajarkan para siswa-siswinya di sekolah untuk melakukan daur ulang seperti yang telah Kertabumi Klinik Sampah lakukan. Upaya ini merupakan cara untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang lebih sehat tanpa sampah (zero waste school). Pada akhir acara, Kertabumi Klinik Sampah dan Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Daerah Jakarta Selatan memilih tas serut hasil daur ulang yang paling menarik dan para peserta mendapatkan buku sebagai hadiah.

34 views

Recent Posts

See All

Beras VS Sagu VS Sorgum

“Ah, belum makan, kalau belum makan nasi.” Mungkin ini kata-kata yang sudah tidak asing ditelinga kebanyakan masyarakat Indonesia. Walaupun sebelumnya sudah memakanan makanan yang termasuk kategori ka

Jakarta, Indonesia

© 2020 by Kertabumi Recycling Center