Search

Kertabumi Klinik Sampah x Central Park Mall: Menyemarakkan Kampanye Greeneration


Sumber gambar: Website Central Park Jakarta

Jakarta — Memperingati Earth Hour yang jatuh pada tanggal 30 Maret dan Hari Bumi pada tanggal 22 April, Central Park Mall mengajak Kertabumi Klinik Sampah untuk mengadakan serangkaian zero waste workshop serta demo upcycle sampah, yaitu: daur ulang tempat pensil dan hand bag dari kantong kresek serta laundry bag dari spanduk bekas.   


Earth Hour adalah suatu gerakan yang diinisiasi oleh World Wide Fund (WWF) pada tahun 2007 silam untuk melawan perubahan iklim serta aksi nyata penghematan energi. Siapa saja dapat mengikutinya dengan cara mematikan semua lampu selama satu jam dari 20:30-21:30 waktu setempat. Indonesia sendiri telah melakukan gerakan Earth Hour sejak tahun 2008. 


Selama sebulan, Central Park dan Neo Soho Mall mengusung kampanye “Greeneration: An Extraordinary Green Campaign.” Para pengunjung mal pun dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan serta acara menarik dari tanggal 22 Maret hingga 22 April 2019. Kampanye ini bertujuan untuk “meningkatkan kepedulian masyarakat akan kelestarian dan keselamatan Bumi,” ujar Silviyanti Dwi Aryati, Senior Manager Marketing Communication Central Park dan Neo Soho Mall dikutip dari website Central Park Jakarta.


Kertabumi Klinik Sampah mengadakan workshop serta demo selama 3 minggu berturut-turut, yaitu pada tanggal 22 Maret, 30 Maret, dan terakhir 6 April 2019. Upcycling workshop pertama adalah membuat tempat pensil dari kantong kresek di mana para pengunjung mal dapat mengikuti workshop secara gratis dan mereka pun bisa membawa kantong kresek sendiri sebagai upaya mengolah sampah plastik menjadi barang yang lebih berguna. Jika sudah jadi, tempat pensil yang peserta buat dapat mereka bawa pulang.


Peserta membawa hasil upcycle tempat pensil dari kantong kresek

Sedangkan saat acara utama tanggal 30 Maret, Kertabumi Klinik Sampah melakukan “Kolabor-Aksi’ bersama Komunitas Doodle Art Jakarta. Kolaborasi ini terwujudkan dalam aksi menggambar pada hand bag dari kantong kresek. Khusus untuk workshop kali ini, peserta tidak bisa membawa pulang hasil karya mereka karena hand bag yang telah jadi akan digambar oleh Komunitas Doodle Art Jakarta untuk nantinya dijual dan hasilnya diberikan kepada program amal ‘Share Our Heart’, yaitu program yang membantu pembangunan sekolah-sekolah di Flores, Nusa Tenggara Timur.


Proses menggambar hand bag oleh Komunitas Doodle Art

Komunitas Doodle Art dan hasil karya mereka

Yang terakhir adalah demo upcycle spanduk bekas menjadi laundry bag. Karena mendekati masa pemilu, banyak sekali spanduk-spanduk bertebaran yang nantinya hanya akan meninggalkan sampah. Oleh karena itu, peserta yang terdiri dari pengunjung mal cukup antusias untuk mengikuti demo upcycle ini. Mereka pun dapat membawa pulang laundry bag yang telah jadi. 


Peserta membawa hasil upcycle laundry bag dari spanduk bekas

26 views

Recent Posts

See All

Beras VS Sagu VS Sorgum

“Ah, belum makan, kalau belum makan nasi.” Mungkin ini kata-kata yang sudah tidak asing ditelinga kebanyakan masyarakat Indonesia. Walaupun sebelumnya sudah memakanan makanan yang termasuk kategori ka

Jakarta, Indonesia

© 2020 by Kertabumi Recycling Center